Tugas Manajemen Layanan Sistem Informasi


TUGAS MANAJEMEN LAYANAN SISTEM INFORMASI

1.     Apa itu Service Management?
Management Service adalah seperangkat kemamuan organisasi khusus untuk memberikan nilai kepada pelanggan dalam bentuk jasa.
Management Service menyediakan layanan untuk:
·         Memahami jasa yang mereka sediakan baik dari perspektif konsumen dan penyedia.
·         Memastikan bahwa layanan ini benar-benar memfasilitasi hasil yang diinginkan.
·     Memahami nilai dari layanan kepada pelanggan mereka dan karenanya kepentingan relatif mereka.
·     Memahami dan mengelola semua biaya dan risiko yang berkaitan dengan pemberian jasa tersebut.

2.     Sebutkan dan Jelaskan Standar International Manajemen Layanan SI & TI?
a.       Service Strategy
Mengisyaratkan bahwa setiap organisasi harus memiliki sebuah Strategi Pelayanan yang menjadi panduan bagi setiap aktivitas “services” yang terjadi dalam organisasi. Secara prinsip, strategi ini berisi bagaimana cara dan mekanisme yang dianut serta perlu dilakukan oleh seluruh pemangku kepentingan organisasi di dalam usahanya untuk memberikan layanan yang baik.

b.       Service Design
Memperlihatkan bagaimana organisasi merancang ekosistem (infrastruktur) teknologi informasi untuk memenuhi atau melayani para pemangku kepentingannya. Melalui desain ini, diharapkan terciptanya suatu lingkungan kondusif bagi divisi teknologi informasi dalam memberikan layanan prima ke segenap individu, kelompok, dan unit/divisi pengguna pada organisasi.

c.       Service Transition
Menggambarkan bagaimana organisasi bertransformasi atau menjalankan perubahan menuju rancangan lingkungan pelayanan yang diinginkan. Tahapan transisi ini harus dikawal dengan sebaik-baiknya agar efektif dan tidak terjadi chaos.

d.       Service Operation
Mendeskripsikan secara detail dan jelas mengenai inti dari rangkaian proses manajemen, yaitu pengelolaan pelayanan itu sendiri pada tahap operasionalnya. Di sinilah para pelanggan internal maupun eksternal (pemangku kepentingan) akan mendapatkan langsung manfaat dari keberadaan teknologi informasi dan komunikasi.

e.       Service Continual Service Improvement
Mengingatkan perlunya dilakukan perbaikan berkesinambungan terus menerus dari masa ke masa. Hal ini tidak saja berarti bahwa organisasi yang bersangkutan senantiasa belajar dan selalu berkembang dari masa ke masa, namun mengandung makna bahwa organisasi selalu siap menghadapi berbagai perubahan karena dinamika global.

3.     Sebutkan dan Jelaskan Contoh Aplikasi Layanan Manajemen SI / TI !
a.  Lazada



Lazada Indonesia adalah situs belanja online yang menawarkan berbagai macam jenis produk, mulai dari elektronik, buku, mainan anak dan perlengkapan bayi, alat kesehatan dan produk kecantikan, peralatan rumah tangga, serta perlengkapan traveling dan olahraga. Lazada Indonesia didirikan pada tahun 2012 dan merupakan bagian dari Lazada Group yang beroperasi di Asia Tenggara. Hingga tahun 2014, Lazada Group telah beroperasi di Singapura, Malaysia, Indonesia, Vietnam, Thailand, dan Filipina dengan Singapura sebagai lokasi kantor pusat mereka.
Lazada Group sendiri merupakan salah satu anak perusahaan internet Jerman bernama Rocket Internet. Rocket Internet merupakan perusahaan inkubator online yang sukses menciptakan perusahaan-perusahaan online inovatif di berbagai belahan dunia. Berkantor pusat di Berlin, Jerman, proyek yang dimiliki Rocket Internet, antara lain Zalando, TopTarif, eDarling, Groupon (sebelumnya CityDeal).
Lazada termasuk ke dalam Aplikasi Layanan Manajemen SI/TI karena telah mencakup semua aspek Standar International Manajemen Pelayanan SI/TI yaitu :

·         Service Strategy
Lazada  telah membuat aplikasi yang mudah untuk dipakai oleh para customer nya seperti pada saat melakukan pembayaran. Pada saat melakukan pembayaran customer dapat memilih melakukan pembayaran via bank, atau COD ( Cash On Delivery) dimana customer dapat membayar langsung melalui kurir pada saat barang itu sampai.

·         Service Design
Lazada juga memudahkan customer mendapatkan informasi tentang barang yang akan mereka beli dan juga memperhatikan ketersediaan barang yang di jual.

·         Service Transition
Setelah melakukan transaksi customer dapat memberikan rating dan ulasan mereka tentang barang yang telah di beli.

·         Service Operation
Transaksi pada lazada aman dilakukan karena apabila customer melakukakan pembayaran maka secara otomatis uang tersebut akan tersimpan di Lazada. Kemudian uang itu akan diberikan kepada penjual dan pembeli akan mendapatkan barang yang ia beli. Maka dari itu, melakukan pembayaran pada Lazada dapat dikatakan aman dan nyaman.

·         Continual Service Improvement
Lazada sering melakukan update untuk meningkatkan segala aspek yang ada di dalam aplikasinya seperti metode pembayaran, keamanan, kemudahan dalam berbelanja, sampai pengembalian uang dan barang.

b. GOJEK


PT Aplikasi Karya Anak Bangsa atau yang lebih dikenal dengan Go-Jek merupakan sebuah perusahaan teknologi asal Indonesia yang melayani angkutan melalui jasa ojek. Perusahaan ini didirikan pada tahun 2010 di Jakarta oleh Nadien Makarim. Saat ini, Go-Jek telah tersedia di 50 kota di Indonesia. Hingga bulan Juni 2016, aplikasi Go-Jek sudah di unduh sebanyak hampir 10 juta kali di Google Play pada sistem operasi Android. Saat ini juga ada untuk iOs di App Store.
Gojek termasuk ke dalam Aplikasi Layanan Manajemen SI/TI karena telah mencakup semua aspek Standar International Manajemen Pelayanan SI/TI yaitu :

·         Service Strategy
Customer dapat dengan mudah memesan gojek, gocar, gofood, atau lainnya hanya dengan menggunakan aplikasi yang tersedia di smartphone. Metode pembayaran pada aplikasi ini dapat dengan pembayaran tunai atau gopay.

·         Service Design
Customer dapat menggunakan fitur yang tersedia pada aplikasi gojek untuk berkomunikasi dengan driver untuk menanyakan atau memberi tahu lokasi agar penjemputan dapat dilakukan dengan mudah.

·         Service Transition
Apabila customer telah menggunakan jasa Gojek, customer dapat memberikan rating dan ulasan sebagai penilaian apakah driver tersebut baik dalam melakukan pekerjaannya. Apabila rating driver tersebut mendapatkan rating bagus, driver tersebut akan mendapatkan bonus dari perusahaan. Dan apabila driver tersebut mendapat rating yang buruk maka akun driver tersebut akan di non aktifkan.

·         Service Operation
Pada saat driver mendaftar di Gojek, driver tersebut akan melakukan beberapa tahap ujian apakah driver tersebut baik dan layak dalam melakukan pekerjaan nya sebagai driver Gojek. Customer juga dapat memastikan nama, plat nomer, dan kendaraan yang dipakai oleh driver sesuai dengan yang di aplikasi atau tidak demi keamanan dalam menggunakan jasa Gojek.

·         Continual Service Improvement
Sejauh ini Gojek sudah meningkatkan sistem nya agar memudahkan pengguna dalam menggunakan aplikasi Gojek. Dan aplikasi ini sudah mengembangkan beberapa fitur seperti go-clean, go-glam, go-mart, dan lain – lain.

Referensi :


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Buku Fiksi dan Non Fiksi