Contoh Buku Fiksi dan Non Fiksi

CONTOH BUKU FIKSI DAN NON FIKSI

Buku Fiksi
1.       Judul                         : Laskar Pelangi
Pengarang                 : Andrea Hirata
Penerbit                    : Bandung Pustaka
Jumlah Halaman      : 529 halaman
Isi Buku                    :
Novel yang ditulis oleh Andrea Hirata ini berkisahkan 10 orang anak yang tinggal di Belitung Timur, Desa Gantung Kabupaten Gantung. Kisah ini awalnya dimulai karena Depdikbud yang akan membubarkan sekolah Muhamamadiyah yang terancam akan dibubarkan jika tidak memiliki 10 murid. Saat itu kepala sekolah Pak Hafran mengumumkan jika jumlah muridnya tidak mencapai 10 orang maka Depdikbud akan membubarkan sekolah tersebut. Namun tak lama setelah Pak Hafran mengumumkan hal tersebut maka datang Harun dan ibunya yang hendak mendaftarkan dirinya di sekolah Muhammadiyah tersebut.

2.       Judul                         : Sang Pemimpi
Pengarang                 : Andrea Hirata
Penerbit                    : PT. Bentang Pustaka
Jumlah Halaman      : 248 halaman
Isi Buku                    :
Novel sang pemimpi ini adalah sebuah kisah persahabatan yang berjuang untuk mendapatkan pendidikan yang layak. Penulis menggambarkan bahwa cita-cita memang harus diwujudkan dengan tekad yang kuat. Novel ini mengangkat betapa sulitnya mendapatkan pendidikan yang layak di tanah Belitung. Namun hal itu tak membuat para tokoh Sang Pemimpi itu lantas mundur dan menyerah begitu saja. Mereka memiliki tekad yang kuat untuk bersekolah di SMA Negeri yang nantinya akan menghantarkan mereka ke Kota Sorbenne, Perancis.

3.       Judul                         : Surat Kecil Untuk Tuhan
Pengarang                 : Agnes Davonner
Penerbit                    : Inandra Published
Jumlah Halaman      : 232 halaman
Isi Buku                    :
Kisah yang ditulis oleh Agnes Davonner ini menggambarkan kisah nyata dari seorang gadis remaja yang berjuang melawan kanker ganas yang ia derita. Ketika gadis itu diprediksi bahwa umurnya sudah tidak lama lagi namun gadis tersebut tetap menjalani aktivitasnya seperti biasa tanpa ada rasa mengeluh yang terucap dari bibirnya. Sebut saja ia Keke, nama panggilannya ia tinggal bersama orangtua tersayangnya. Keke adalah sosok gadis remaja yang sangat periang dan aktif dalam kegiatan intra atau ekstra sekolah. Hal itu menyebabkan ia memiliki teman yang banyak.

4.       Judul                         : 5 CM
Pengarang                 : Dhonny Dhirgantoro
Penerbit                    : Yogyakarta
Jumlah Halaman      : 381 halaman
Isi Buku                    :
Novel ini berceritakan mengenai kisah 5 orang pemuda dan pemudi yang menjalin persahabatan dan memiliki kepribadian yang berbeda. Tokoh-tokoh dalam novel ini yang pertama adalah Riani sosok gadis cantik yang berkacamata dan memiliki otak yang cerdas. Ia memiliki cita-cita yang tinggi ingin menjadi seorang presenter di salah satu stasiun TV. Tokoh selanjutnya ialah Zafran, gayanya sangat menampakkan bahwa dirinya adalah anak band, berbadan kurus, dan sosok Zafran ini selalu menjadi pelebur suasana dalam kisah 5 sahabat dalam novel 5 CM, kemudian adalah sosok Arial yang memiliki badan sporty dan selalu tampak rapi dalam acara apapun. Genta adalah sosok yang paling dewasa dan memiliki jiwa kepemimpinan, rambutnya agar lurus dan berjambul, memakai kacamata dan seorang aktifis kampus. Sosok terakhir adalah Ian, laki-laki bertubuh besar yang sangat mengidolakan Happy Salma.

Buku Non Fiksi
1.       Judul                         : Memahami Film
Pengarang                 : Himawan Pratists
Penerbit                     : Homerian Pustaka
Jumlah Halaman      : 223 halaman
Isi Buku                     :
          Kebanyakan orang masing beranggapan untuk melihat film merupakan hal yang cukup mustahil untuk di lakukan. padahal film bisa di ciptakan oleh siapa saja. Meskipun terdapat seseorang dengan minat yang tinggi untuk membuat film, Namun kedalaman untuk dapat memaham dari seni film memang amat sangat terbatas. Ilmu mengenai sebuah film sebagai sebuah maha karya seni masih ada pada bangku kualiah saja, padahal sejatinya film bukanlah milik dari para akademisi saja namun juga miliki semua orang yang suka menonton.

2.       Judul                         : Metodologi penelitian dan teknik penyusunan skripsi
Pengarang                 : H. Abdurrahmat fathoni
Penerbit                    : PT. Rineka cipta
Jumlah Halaman      : 105 halaman
Isi Buku                    :
Buku ini merupakan buku yang mana di susun dengan berdasarkan pandangan serta pemikiran dari beberapa peneliti serta pakar dalam bidang ilmu metodologi penelitian. Tujuan pembuatan buku ini adalah agar membantu mereka yang ingin tahu bagaimana seluk beluk dari metodologi penelitian, prosedurnya dan juga mengenai desain penelitian secara umum bisa di pakai pada sebuah penelitian untuk ilmu sosial. Berbagai teknik yang di jelaskan pada buku tersebut bisa sangat membantu para mahasiswa untuk mudah dalam menyusun skirpsi.

Komentar