MAKALAH KSI A


BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Di era global sekarang ini keadaan ekonomi di Indonesia memang memprihatikan, namun kita tidak boleh menyerah pada keadaan sekarang ini yang serba sulit kita harus berusaha, kreatif, inovatif dan berani mengambil suatu keputusan serta resiko untuk menciptakan lapangan pekerjaan sendiri. Kita tidak harus bergantung pad orang lain. Untuk mendapatkan suatu pekerjaan kita harus berusaha semaksimal mungkin.
Salah satu usaha yang dilakukan untuk mengurangi pengangguran yaitu dengan berwirausaha. Dengan kita berwirausaha kita bisa belajar mandiri dan bisa memaknai arti penting kehidupan secara tidak langsung kita sudah membantu banyak orang.
Bisnis adalah sebuah pembelajaran, dimana dibutuhkan analisa yang sangat dalam tentang prospek dan kelayakan dalam usaha itu. Oleh karena itu, bisnis itu harus dimulai sejak dini sehingga kita memiliki banyak waktu untuk dapat berpikir dan mengolah otak demi kesuksesan usaha tersebut.
Saya memilih usaha makanan Mas Rizfan sebagai objek untuk tugas yang saya kerjakan karena melihat perkembangan usaha Mas Rizfan yang sudah semakin membesar berkat kerja keras dan usahanya.

B.    Tujuan
1.   Memahami dan menguasai kegiatan wawancara.
2.   Memperoleh informasi tentang kewirausahaan.
3.   Sebagai contoh inspiratif dalam memulai suatu usaha baru.
4.   Mengembangkan jiwa berwirausaha bagi generasi muda.
5.   Untuk mengetahui alur kerja serta bagan dalam sebuah usaha.

C.   Topik Wawancara
Berani mengubah sebuah mimpi menjadi sebuah usaha.

D.   Waktu dan Tempat Wawancara
Wawancara ini dilaksanakan :
·     Hari/Tanggal   : Jumat, 06 April 2018
·     Pukul               : 19.00 WIB
·     Tempat            : Jl. Tanah Merdeka No.19 Jakarta Timur
                                 (dekat pintu keluar RS. Harapan Bunda)

E.    Tim Kerja dan Narasumber Kegiatan Wawancara
·     Narasumber                                        : Rizfan Halim
·     Pewawancara                                      : Rizfanada Hasanah
·     Juru Tulis                                            : Gilang Anugrah
·     Penyusun Naskah dan Presentasi       : Annisa Dewi dan Afif Abyana


BAB II
PEMBAHASAN

A.    Sejarah Pemilik dan Berdirinya Usaha
Nama                     : Rizfan Halim
Tempat/ Tgl Lahir : Jakarta, 16 Agustus 1994
Alamat                   : Jl. Tanah Merdeka No. 19 RT 001/05 Susukan, Ciracas, Jakarta Timur
     Usaha Mas Rizfan ini berdiri sejak tahun 2016 yang diawali sebagai usaha rumahan delivery dengan sistem online. Kemudian pada tahun 2017 tepatnya tanggal 01 Februari 2017 ia membuka tempat makan dengan memanfaatkan ruang kecil. Seiring dengan berjalannya waktu, usahanya semakin berkembang dengan membuka tempat makan lainnya yang lumayan besar di daerah bekasi selatan.
     Kami memilih usaha Mas Rizfan sebagai tokoh pengusaha dalam paper ini adalah karena melihat hasil dari usahanya. Di umur yang masih muda dia sudah bisa menghasilkan uang sendiri. Mas Rizfan ini mengajarkan kepada kami bahwa kerja keras dan tidak gampang putus asa merupakan kunci untuk bisa hidup.

B.    Modal dan Keuntungan
Menurut Mas Rizfan, modal awal usahanya didapatkan dari hasil kerja paruh waktunya semasa kuliah. Dari gajinya itu, dia membeli etalase kecil, beberapa alat memasak dan bahan membuat sate taichan pertama nya itu. Etalase kecil yang dia beli seharga Rp 800.000, beberapa alat memasak Rp 500.000 dengan total bahan untuk sate taichan nya Rp 200.000.  Jadi diperkirakan total yang dikeluarkan pada saat awal membuka usaha ini adalah Rp 1.700.000.
Untuk keuntungan pada usaha awalnya, tempat ini merupakan satu-satunya tempat Sate Taichan terdekat di Pasar Rebo, Mas Rizfan mendapatkan keuntungan bersih kira - kira 300 ribu per harinya. Setelah mendapatkan modal yang cukup, akhirnya Mas Rizfan memutuskan untuk membuka cabang di Bekasi Selatan. Selain sate taichan dia menambahkan beberapa menu lainnya yang beragam. Dari usaha sate taichan yang semakin berkembang ini dia mendapat keuntungan bersih 10 jutaan per bulannya di cabang pusat.

C.   Bagan dan Alur Kerja
Bagan dan alur kerja yang pertama kali saat Mas Rizfan membuat usaha ini dia memperkerjakan 4 orang yang terdiri dari 2 orang pelayan, 1 orang kasir, 1 orang chef.
Bagan dan alur kerja ketika usahanya sudah berkembang Mas Rizfan memperkerjakan orang sebanyak 7 orang yang terdiri dari 3 orang pelayan, 1 orang kasir, 1 orang chef, 1 orang bagian keuangan dan 1 orang bagian produksi.

BAB III
LAPORAN HASIL WAWANCARA

A.    Daftar Pertanyaan :
1.   Apa latar belakang Mas memilih usaha ini?
-     Awalnya saya berpikiran untuk buka usaha sendiri, baru saya coba bikin usaha ini hasilnya untuk mengurangi beban orang tua dan nambah uang jajan.

2.   Kenapa memilih membuka usaha Sate Taichan?
-     Kebetulan saya suka makan sate taichan, dari situ saya berpikir untuk membuka usaha sate taichan dan saya sadar didaerah sini belum ada sate taichan maka itu saya mau buka tempat makan sate taichan daerah sini.

3.   Apa perbedaan Sate Taichan Bemo ini dengan Sate Taichan lainnya?
-     Sate kami memiliki bumbu rahasia yang membuat beda dari sate taichan di tempat lain.

4.   Apa kendala yang dialami Mas selama menjalani usaha ini?
-     Kendala nya paling beberapa orang belum mengenal sate taichan jadi masih ragu untuk beli dan ada yang bosen sama makanan itu kalau dia terlalu sering makan, jadi paling ya pelanggan nya per harinya tidak bisa diduga.

5.   Ada berapa pekerja di Tempat makan Sate Taichan Bemo ini?
-     Awalnya hanya ada saya, tante saya yang membuat bumbu, 2 pelayan dan 1 kasir. Semakin berkembang nya tempat ini saya menambah pelayan disini dengan menambah bagian produksi (membeli bahan), bagian mengontrol keuangan dan menambah 1 pelayan.

6.   Apakah sebelumnya Mas pernah berpikir/ berkeinginan untuk membuka usaha lain selain usaha ini?
-     Sebelumnya saya pernah berpikir mau membuat distro tapi setelah saya survey tempatnya disini dekat dengan Universitas dan Rumah Sakit jadi menurut saya tidak memungkinkan kalau buka distro disini akan laku, karena banyak orang yang lebih memilih makanan daripada membeli baju.

7.   Apa strategi yang Mas terapkan pada usaha ini?
-     Paling utama saya kerja jujur dan berusaha tetap ramah kepada pelanggan supaya membuat para pelanggan saya nyaman makan disini. Makanan di tempat ini saya usahakan rasanya tidak berubah dan tetap higenis. Dan berusaha tidak mengambil banyak keuntungan.

8.   Menurut Mas apa tips menjadi pengusaha?
-     Kalau punya keinginan dan yakin akan keinginan itu maka jalankan lah. Jangan takut gagal karena kegagalan adalah kunci dari kesuksesan.

BAB IV
PENUTUP

A.    Kesimpulan
Menjadi seorang pengusaha yang sukses tidaklah mudah. Banyak rintangan untuk menjadi sukses seperti yang kita inginkan. Sukses bukanlah hal yang instan. Dari pengalaman Mas Rizfan pelajaran penting yang dapat dicontoh, yaitu sebagai wirausahawan adalah jeli melihat peluang, percaya diri, tekun, berpikiran positif, dan berani mengambil risiko.

B.    Saran
Setelah melakukan wawancara, penulis menyarankan agar para mahasiswa yang ingin mencari pengalaman sekaligus mendapatkan tambahan pendapatan dapat berwirausaha dengan cara membuka usaha kecil seperti berdagang.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Buku Fiksi dan Non Fiksi