Tugas Peng. Teknologi Sistem Cerdas


REVIEW JURNAL ( SISTEM PAKAR DIAGNOSA PENYAKIT GINJAL MENGGUNAKAN METODE TEOREMA BAYES )


Nama  : Annisa Dewi Rakhmawati
NPM   : 10117826
Kelas   : 3KA03


Judul
SISTEM PAKAR DIAGNOSA PENYAKIT GINJAL MENGGUNAKAN METODE TEOREMA BAYES
Jurnal
Jurnal Riset Komputer (JURIKOM), Volume : 3, Nomor : 1
ISSN
2407-389X
Tahun
Februari 2016
Penulis
Intan Russari
Reviewer
Annisa Dewi Rakhmawati
Tanggal
24 Desember 2019

Latar Belakang
Batu gunjal (renal lithiasis) adalah penyakit yang berasal dari gumpalan kecil dan keras yang terbentuk di dalam ginjal. Batu ginjal terbentuk ketika urin berkonsentrasi, mineral mengkristal dan menggumpal. Sakit batu ginjal biasanya dimulai pada sisi tubuh atau punggung, dibawah pinggul serta bergerak ke perut bagian bawah dan pangkal paha. Sistem pakar (expert system) adalah sistem yang berusaha mengadopsi pengetahuan manusia ke komputer, agar komputer dapat menyelesaikan masalah seperti yang biasa dilakukan oleh para ahli.
Tujuan Penelitian
     Untuk mengetahui gejala-gejala tentang penyakit batu ginjal.
 Untuk mengimplementasikan metode Bayes dalam mendiagnosa penyakit batu ginjal.
  Untuk merancang sebuah aplikasi sistem pakar yang dapat mendiagnosa penyakit batu ginjal.
Metode Penelitian
Metode Find-S tidak dapat digunakan untuk data yang tidak konsisten dan data yang bias, sehingga untuk bentuk data semacam ini salah satu metode sederhana yang dapat digunakan adalah metode bayes. Metode Bayes merupakan metode yang baik di dalam mesin pembelajaran berdasarkan data training, dengan menggunakan probabilitas bersyarat sebagai dasarnya.
Pembahasan
Kecerdasan buatan yang dimaksud dalam jurnal ini adalah mesin yang mampu berpikir, menimbang tindakan yang akan diambil, dan mampu mengambil keputusan seperti yang dilakukan oleh manusia. Sistem pakar (expert system) adalah sistem yang berusaha mengadopsi pengetahuan manusia ke komputer, agar komputer dapat menyelesaikan masalah seperti yang biasa dilakukan oleh para ahli.
Batu Ginjal di dalam saluran kemih (kalkulus uriner) adalah massa keras seperti batu yang terbentuk di sepanjang saluran kemih dan bisa menyebabkan nyeri, pendarahan, penyumbatan aliran kemih atau infeksi. Batu ini terbentuk di dalam ginjal (batu ginjal) maupun di dalam kandung kemih (batu kandung kemih). Proses pembentukan batu ini disebut urolitiasis (litiasis renalis, nefrolitiasis). Metode Bayes merupakan metode yang baik di dalam mesin pembelajaran berdasarkan data training, dengan menggunakan probabilitas bersyarat sebagai dasarnya.
Kelebihan
Jurnal ini sudah dibuat cukup lengkap mulai dari abstrak, pendahuluan, landasan teori, analisa dan perancangan, kesimpulan dan saran, serta daftar pustaka. Pada tata letak dan penjelasan yang digunakan juga sudah cukup baik sehingga mudah dimengerti oleh pembaca.
Kekurangan
Tampilan output form dalam rancangan program pada jurnal ini masih tampak biasa, sehingga user mudah merasa bosan.
Saran
Penelitian ini memerlukan evaluasi lagi agar menghasilkan program yang mudah dipelajari, dimengerti oleh user, aman, efisien, dan efektif untuk digunakan.
Kesimpulan
Hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah dengan menggunakan sistem pakar gejala-gejala yang dirasakan oleh pasien dapat dilakukan dengan cepat dan akurat. Dengan menggunakan Metode Bayes dalam mendiagnosa batu ginjal dapat menghasilkan perhitungan valid yang sama dengan perhitungan manual sehingga proses prediksi dapat dilakukan dengan cepat dan akurat.
Daftar Referensi
T. Sutojo, Edy Mulyanto, Dr. Vincent Suhartono., “Kecerdasan Buatan”, Penerbit Andy, Yogyakarta, 2011

Http//Komunitas_elearningilmukomputer/system_pakar_dasar.com, diakses 05 Maret 2015

Http://id.wikipedia.org/wiki/batu_ginjal, diakses 05 Maret 2015

Sri Winiarti., “Pemanfaatan Teorema Bayes Dalam Penentuan Penyakit Tht”, jurnal, 2008

Jogiyanto HM., “Analisa dan desain”, Andi, Yogyakarta, 2005

Http://id.wikipedia.org/wiki/MySQL, diakses 05 Maret 2015

Primananda Arif Aditya, S.Si, M.M, 2013

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Buku Fiksi dan Non Fiksi