Tugas Pengantar Animasi dan Desain Grafis


DEFINISI ANIMASI
Kata Animasi awalnya berasal dari kata Animate yang artinya menghidupkan, memberi jiwa dan menggerakkan benda mati. Animasi merupakan proses membuat objek yang asalk=nya objek mati, kemudian disusun dalam posisi yang berbeda seolah menjadi hidup. Didalam animasi ada 2 objek penting, yaiut objek atau gambar dan alur gerak..
Jadi, apa sih animasi itu? Secara umum, Animasi dapat dikatakan sebagai suatu sequence gambar yang ditampilkan pada tenggat waktu (timeline) tertentu sehingga tercipta sebuah ilusi gambar bergerak.
Animasi adalah gambar bergerak yang terbentuk dari sekumpulan objek (gambar) yang disusun secara beraturan mengikuti alur pergerakan yang telah ditentukan pada setiap pertambahan hitungan waktu yang terjadi. Gambar tersebut dapat berupa gambar makhluk hidup, benda mati, ataupun tulisan.

Jenis – jenis Animasi
A.   Jenis Animasi Berdasarkan Bentuk Karakter Yang Dibuatnya
      a)    Stop Motion Animation/Claymation
Dikenal juga dengan claymation, tekni dalam membuat animasi ini ditemukan oleh Blakton pada tahun kira-kira 1906. Memakai clay (tanah liat) sebagai objeknya. Teknik animasi clay sering digunakan untuk mendapatkan suatu visual eek untuk film-film di tahun 1950-1960 an.
      b)    Animasi 2 Dimensi/2D
Animasi jenis ini juga terkenal dengan sebutan kartu. Kartun atau Cartoon bisa didefinisikan sebagai gambar yang lucu, contohnya bisa dilihat di film-film kartun, banyak sekali gambar-gambar yang lucu yang ditunjukkan dan seringkali untuk menghibur, yang termasuk contohnya adalah tom & jerry.
      c)     Animasi 3 Dimensi/3D
Semakin berkembangnya teknologi utamanya teknologi komputer maka muncul animasi 3 Dimensi. Animasi 3D ini adalah hasil pengembangan dari animasi 2D. Di animasi 3D objek akan seperti semakin hidup dan juga seperti nyata. Banyak contoh film dengan menggunakan teknik animasi 3D dan CGI (Computer Generated Imagery).
      d)    Animasi Jepang
Animasi jepang disebut juga dengan Anime. Pada sekarang ini film-film anime banyak di senangi utamanya oleh para remaja, banyak sekali contoh film anime seperti Naruto, Dragon Ball dan lain sebagainya.

B.   Jenis Animasi Berdasarkan Teknik Pembuatannya
      a)    Animasi Cel

Animasi Cel seringkali adalah lembaran-lembaran yang akan membentu animasi tunggal. Sehingga setiap cel adalah bagian terpisah, yang seperti objek dan juga latar belakangnya terpisah, sehingga dapat bergerak dengan sendirinya.

      b)    Animasi Frame

Animasi frame bisa disebut dengan teknik pembuatan yang sangat sederhana, seperti gambar/objek yang berbeda-beda di lembaran buku, kemudian buku tersebut dibuka secara cepat dengan jari maka gambar anime tersebut akan terlihat seperti sedang bergerak.

      c)     Animasi Path

Animasi path merupakan teknik pembuatan animasi yang berasal dari objek yang digerakkan, gerakan tersebut mengikuti garis yang sudah ditentukan oleh pembuatnya. Di aplikasi Macromedia Flash, teknik animasi path bisa dipakai dengan menggunakan layer tersendiri sebagia lintasan dari objeknya.

      d)    Animasi Sprite

Animasi sprite ini memungkinkan objek bisa bergerak secara sendiri, sehingga objek lainnya hanya sebagai background atau latar belakang yang tidak dapat bergerak.

      e)     Animasi Spline

Di teknik pembuatan animasi spline, objek yang bergerak tidak mengikuti lintasan garis lurus, dengan teknik ini memungkinkan objek yang bergerak seperti mengikuti lintasan yang berbentuk kurva.

      f)     Animasi Clay 
Animasi ini memakai clay (tanah liat) sebagai objeknya. Tentu hal ini tidak menggunakan tanah liat biasa, tetapi umummnya menggunakan palasticin yaitu suatu baan yang lentur/elastis.

      g)    Animasi Vektor

Animasi vektor adalah teknik pembuatan animasi yang memakai rumus matematika dalam menggambar objeknya.

      h)    Animasi Karakter

Salah satu contoh dari animasi ini adalah animasi 3D yang sering dipakai untuk membuat suatu film. Di animasi karakter masing-masing objek mempunyai ciri dan gerakan yang berbeda, tetapi masing-masing objek terseubt bergerak secara bersamaan.

Software untuk membuat Animasi
1.   Anime Studio
Anime Studio adalah salah satu software pembuat animasi terbaik yang memiliki banyak fitur. Kamu dapat men-download trial version dari software secara gratis. Anime Studio adalah aplikasi animasi besar yang memungkinkan pengguna untuk menggambar karakter latar belakang, masukan dan lain-lain. Software animasi dapat membantu kamu untuk mempublikasikan film animasi kamu sendiri dengan mudah. Anime Studio memiliki banyak fitur dengan banyak konten animasi pre loaded sehingga kamu dapat membuat segala jenis animasi dengan cepat.

2.   FotoMorph
FotoMorph adalah salah satu software yang terbaik untuk Windows OS. Salah satu perangkat lunak animasi paling berguna yang memiliki banyak fitur untuk mengedit dan meningkatkan gambar animasi kamu. FotoMorph telah dirancang untuk membuat animasi real time dengan sangat mudah menggunakan antarmuka sehingga pengguna bisa mendapatkan gambar pengeditan yang menyenangkan. FotoMorph memungkinkan pengguna untuk membuat foto lucu dalam hitungan menit.

3.   Abrosoft Fanta Morph
Salah satu software animasi terbaik yang dapat digunakan untuk menghidupkan foto dengan mudah. Meskipun ini software animasi bukanlah sebuah software gratis tapi kamu dapat men-download versi percobaan gratis dari Abrosoft Fanta Morph pada PC kamu. Salah satu perangkat lunak animasi paling kuat bahwa pengguna dapat morphing gambar dan efek animasi canggih.

4.   Aurora 3D Animation Maker
Aurora 3D Animation Maker merupakan salah satu aplikasi animasi yang paling populer yang memiliki banyak fitur untuk menciptakan efek animasi terbatas dalam film kamu. Kamu dapat menambahkan efek animasi khusus dalam gambar dan film dengan mudah menggunakan antarmuka. Perangkat lunak ini memungkinkan pengguna untuk menambahkan watermark untuk video dan foto dengan efek khusus. Kamu dapat menemukan banyak fitur yang berguna dalam software ini dan kamu juga dapat men-download versi percobaan gratis dari perangkat lunak yang besar.

5.   AnimatorDV
AnimatorDV Simple adalah perangkat lunak animasi yang kuat yang membantu pengguna menciptakan film animasi stop motion dengan mudah menggunakan antarmuka. Kamu dapat men-download versi lengkap dari Simple AnimatorDV secara gratis dari situs web software download.

6.   Pivot Animator
Pivot Animator adalah alat animasi besar yang dapat di-download pada PC Windows kamu secara gratis. Animasi sederhana perangkat lunak yang memberikan kemungkinan animasi terbatas.

7.   MonkeyJam
MonkeyJam adalah software animasi yang membantu pengguna membuat animasi gerakan berhenti dengan mudah. Salah satu software animasi yang paling berguna yang memungkinkan pengguna untuk merekam animasi mereka sendiri dengan menggunakan fitur stop motion.

8.   Anime Studio Pro
Anime Studio Pro adalah salah satu software pembuat animasi terbaik yang sangat cocok bagi para profesional. Jika kamu seorang animator profesional dan mencari aplikasi animasi kualitas terbaik, kamu dapat men-download perangkat lunak pada PC Windows kamu.

9.   Stykz
Stykz adalah software animasi yang kuat, freeware yang mendukung semua utama sistem operasi seperti Windows, Mac dan Linux. Kamu dapat men-download versi lengkap dari software ini pada komputer kamu secara gratis.

10. Sqirlz Morph
Sqirlz Morph adalah salah satu perangkat lunak yang tersedia gratis di internet. Ini adalah utilitas animasi yang sangat sederhana sehingga pengguna bisa mengedit atau morphing beberapa gambar dan video dengan mudah.

DEFINISI DESAIN GRAFIS
Desain Grafis adalah suatu bentuk komunikasi visual yang menggunakan gambar untuk menyampaikan informasi atau pesan seefektif mungkin. Dalam desain grafis, teks juga dianggap gambar karena merupakan hasil abstraksi simbol–simbol yang bisa dibunyikan. Desain Grafis diterapkan dalam desain komunikasi dan fine art. Seperti jenis desain lainnya, desain grafis dapat merujuk kepada proses pembuatan, metode merancang, produk yang dihasilkan (rancangan), ataupun disiplin ilmu yang digunakan (desain). Seni desain grafis mencakuo kemampuan kognitif dan keterampilan visual, termasuk di dalamnya tipografi, ilustrasi, fotografi, pengolahan gambar, dan tata letak.

Jenis–jenis Desain Grafis
a)    Identitas Visual (Visual Identity)
Sistem identitas visual (visual identity) adalah suatu sistem komunikasi visual yang membentuk dan dapat mengkomunikasikan identitas sebuah merek, perusahaan, lembaga, produk barang dan jasa.
Visual identity umumnya digunakan untuk memberikan perbedaan antara sebuah produk barang/jasa dengan produk barang/jasa lainnya. Sebagai contohnya adalah adidas vs nike.

b)   Periklanan dan Pemasaran
Agar dapat dikenal oleh masyarakat luas, maka sebuah perusahaan wajib berupaya lebih dalam pemasaran juga periklanan.
Hal ini bertujuan agar masyarakat dapat mengetahui produk Anda, hingga memutuskan untuk membelinya.
Ide yang unik, desain yang menarik sanggup menarik minat masyarakat. Materi desain promosi (iklan & pemasaran) pun dapat Anda kelompokkan berdasarkan jenis kelamin, usia, hingga demografi.
Contoh desain grafis pemasaran:
o   Flyer atau Brosur
o   Poster, Banner, Billboards
o   Iklan Majalah & Koran
o   Spanduk Cetak
o   Banner Sosial Media (instagram, facebook, dll)
o   Katalog

c)   User Interface (UI)
Desain Antar Muka atau User Interface adalah tentang bagaimana pengguna berinteraksi pada perangkat seluler/desktop atau aplikasi. UI sendiri mencakup semua hal yang berkaitan dengan interaksi pengguna layar, keyboard, dan mouse.
Khusus pada desain grafis, desain UI terfokus kepada pengalaman visual pengguna dan elemen desain grafis pada layar seperti:
o   Tombol
o   Menu Navigasi
o   Tata Letak (Layout)
o   Formulir (Form) Kontak, Pemesanan, Beli, Register
o   Desain Aplikasi
o   Tema Website (Wordpres, dll)
o   Dan lain-lain.

i)    Publikasi Desain
Desain publikasi sebenarnya mengacu kepada industri desain grafis pada media cetak seperti: koran, majalah, hingga katalog, dst. Bisa juga dalam bentuk digital alias tidak dicetak sama sekali. Contohnya: Pdf
Desainer grafis yang berkecimpung di desain publikasi akan bekerjasama dengan editor dan penerbit dalam menciptakan tatak letak desain, ilustrasi, pemilihan font, hingga warna sekalipun.
Contoh desain grafis publikasi:
o   Buku
o   Koran
o   Majalah
o  Katalog
o   Laporan Tahunan

j)    Desain Kemasan
Packaging design atau desain kemasan merupakan salah satu cara untuk merepresentasikan sebuah merek/produk. Tidak hanya berfungsi dasar sebagai tempat menyimpan, penjualan, hingga distribusi.
Sebagai desainer Anda akan menciptakan konsep, digitalisasi desain konsep, hingga membuat file desain menjadi siap cetak. Untuk menciptakan desain kemasan yang keren, Anda harus memahami proses-prosesnya dan harus bekerjasama dengan manufaktur industri.

k)   Motion Graphic (Motion Grafis)
Sederhananya, motion grafis ialah cabang dari desain grafis yang menggabungkan antara tipografi, ilustrasi , videografi, dan fotografi dengan penggunaan perangkat lunak seperti adobe after effects atau sejenisnya.
Motion grafis mencakupi animasi, video, audio, tipografi, hingga efek-efek lainnya yang digunakan dalam media televisi, film, maupun online seperti youtube, fb / ig video, dll.
Popularitas motion grafis tumbuh cukup cepat dalam beberapa tahun terakhir, sejalan dengan populernya youtube, kemajuan teknologi. dan meleknya masyarakat terhadap internet.
Contoh motion grafis:
o   Logo Animasi
o   Periklanan
o   Presentasi
o   Cuplikan
o   Video Tutorial & Promosi
o   Video Games
o   GIFs

l)    Desain Grafis Lingkungan
Environmental graphic design, secara visual menghubungkan orang-orang ke suatu tempat untuk meningkatkan bagaimana pengalaman mereka secara menyeluruh. Jenis desain ini dapat dilakukan dengan membuat sebuah tempat (ruang/lokasi) yang indah, menarik, unik, dan lebih mudah untuk mereka ingat.
Beberapa contohnya adalah:
o   Mural
o   Desain Interior
o   Petunjuk Jalan
o   Branding Stadion
o   Branding Kantor

m)         Seni dan Ilustrasi
Art and illustration for graphic design (Seni & Ilustrasi) terdengar serupa dengan desain grafis. Tetapi sebenarnya berbeda. Yakni, desainer membuat komposisi yang dapat berkomunikasi dengan baik, tepat, dan dapat memecahkan sumber masalah. Seorang artis dan illustrator dapat membuat karya seni yang original mulai dari proses draft sketsa hingga digitalisasi.
Contohnya adalah:
o   Desain Pola atau Tekstil
o   Motion Grafis
o   Stok Gambar
o   Cover Buku

Software desain grafis
1.     Corel Draw
Corel draw adalah sebuah software / program aplikasi komputer yang rancang khusus untuk keperluan desain grafis terutama untuk keperluan editor grafik vektor. software ini dikembangkan oleh peusahaan perangkat lunak yang bernama Corel yang bermakas di Ottawa, Kanada. CorelDRAW dibuat untuk memenuhi kebutuhan pengolahan gambar, software ini banyak digunakan pada pekejaan dibidang percetakan ataupun publikasi dan perkerjaan lain yang berhubungan dengan dunia visualisasi.
2.     Adobe Photoshop
Adobe Photoshop adalah sebuah software yang digunakan untuk memperbaiki dan memodifikasi gambar atau foto secara profesional baik meliputi memperbaiki  obyek yang sederhana maupun yang sulit sekalipun. Photoshop memiliki tool dan efek yang lengkap sehingga dapat menghasilkan gambar atau foto yang berkualitas tinggi. Kelengkapan fitur yang ada di dalam Photoshop inilah yang membuat software ini banyak digunakan oleh desainer grafis profesional. Dan mungkin juga sampai saat ini masih belum ada software desain grafis lain yang bisa menyamai kelengkapan fitur dalam Photoshop.
3.     Adobe Illustrator
Adobe Illustrator adalah Adobe Illustrator merupakan aplikasi untuk mengolah serta mengedit desain atau gambar vektor, dimana aplikasi ini dikembangkan dan dipasarkan oleh Adobe System. sepertihalnya corel dan photoshop, illustrator ini juga berfungsi sebagai alat pembuat, pendesain, pengedit gambar. Adobe Illustrator mengolah gambar berjenis vektor, dimana gambar tersebut akan tetap bagus walaupun dilakukan proses zooming atau scaling (diperbesar).
4.     Adobe Indesign
Adobe InDesign adalah software yang dikeluarkan dan diproduksi perusahaan yang sama seperti adobe photoshop dan adobe Illustrator yaitu Adobe Systems. software ini biasa digunakan untuk membuat karya design seperti flyer, poster, majalah, brosur, buku, dan koran. software Ini juga mendukung ekspor ke SWF dan EPUB format untuk membuat E-book dan publikasi digital, termasuk majalah digital, dan conten yang cocok sebagai konsumsi pada komputer dan tablet. Selain itu, InDesign mendukung XML, style sheet, dan markup coding lainnya, sehingga cocok untuk mengekspor konten yang berupa teks ditandai untuk digunakan dalam format digital dan online lainnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Buku Fiksi dan Non Fiksi